cover
Contact Name
Chairun Nas
Contact Email
chairun.nas@cic.ac.id
Phone
+62231-220250
Journal Mail Official
lppm@cic.ac.id
Editorial Address
Jl. Kesambi 202, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133, Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Digit : Digital of Information Technology
ISSN : 2088589X     EISSN : 27209636     DOI : -
Jurnal Digital Of information Technology (DIGIT) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon. Jurnal DIGIT di terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap bulan Mei dan November Jurnal DIGIT berfokus pada makalah dan penelitian yang memuat Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Desain Basis Data, Penambangan Data, Teknologi Layanan Web, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Visi Komputer, Sistem Tertanam, Robotika, Sistem Pakar, Pembelajaran Mesin, E-Commerce, Digital dan Keamanan Jaringan, Neuro Fuzzy, E-Government, Bioinformatika, Sistem Informasi Geografis, Aplikasi Seluler, Teknologi Game, Jaringan Komputer, Cloud Computing.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2011)" : 10 Documents clear
Evaluasi Kesiapan Organisasi Dalam Menerapkan Knowledge Management System (KMS) Pada Perguruan Tinggi Raharja Nur Azizah; Sunar Abdul Wahid
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.10

Abstract

AbstrakKnowledge management System (KMS) merupakan proses yang mengkoordinasikan penggunaan pengetahuan dari sebuah organisasi. Keuntungan KMS  pada organisasi antara lain pengambilan keputusan lebih baik dan lebih cepat, mempercepat inovasi dan meningkatkan produktivitas. Banyak organisasi merasa sudah menerapkan KMS tetapi belum ada pengaruhnya secara signifikan terhadap pencapaian tujuan dari KMS itu sendiri Salah satu penyebab belum tercapainya tujuan dari KMS yaitu belum terpenuhinya prasyarat yang harus dimiliki oleh suatu organisasi sebelum diterapkannya KMS itu sendiri atau lebih dikenal dengan istilah kesiapan (readiness) suatu organisasi untuk menerapkan KMS. Sebagai salah satu  perguruan tinggi yang ada khususnya pada Perguruan Tinggi Raharja sangat diperlukan knowledge management system yang ada dapat diterapkan . Analisis yang dilakukan dalam menyusun model penilaian adalah dengan melakukan pembobotan terhadap knowledge management  critical success factor (KMCSF), menyusun tingkat kesiapan implementasi KMS, menyusun kuesioner sebagai instrumen penilaian, dan menganalisis cara menjaga kualitas pengetahuan. Solusi untuk implementasi KMS dilakukan dengan cara menyusun langkah-langkah untuk memperbaiki setiap KMCSF dan menjaga kualitas pengetahuan organisasi dengan menggunakan  Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menggunakan software Expert Choice 2000. Level tingkat kesiapan  implementasi KMS digunakan untuk menilai proses dan aktivitas pengelolaan pengetahuan pada organisasi.  Kata Kunci :  knowledge management system, knowledge management  critical success factor, AHP, Readiness,  Expert Choice
Desain dan Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Menggunakan Metode Perpetual Rata-Rata Bergerak Imas Mufti; Deny Martha; Bachtiar Bachtiar
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.1

Abstract

AbstrakSeiring dengan perkembangan zaman, teknologi terutama komputer berkembang pesat. Antara lain dalam hal kegiatan Akuntansi yang saat ini telah menggunakan komputer sebagai sarana pengolahan dan penyimpanan data. Salah satu kegiatan tersebut dalam hal persediaan barang dagangan. Persediaan secara rekaman akan memakan waktu lama, tidak efektif, dan efisien. Alih-alih rekaman oleh sistem komputer  sangat membantu untuk menghasilkan informasi dengan cepat, akurat, dan mudah. Dalam penelitian ini, maka akan dibuat sebuah perangkat lunak untuk menerapkan sistem yang didasarkan pada persediaan barang dagangan komputer dengan menggunakan sistem perpetual metode rata-rata bergerak. Penerapan sistem persediaan barang dagangan menunjukkan bahwa proses perekaman berbasis komputer lebih efektif daripada menggunakan metode manual dengan mencatat persediaan bahan buku manual. Untuk sistem dengan membangun ini, dapat meningkatkan strategi sistem manajemen persediaan barang dagangan yang lebih baik untuk mendukung pengambilan keputusan oleh manajemen.Kata Kunci : Persediaan barang, Sistem Perpetual, Metode rata-rata bergerak
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KENAIKAN JABATAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING MODELING Budi Triandi
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.6

Abstract

AbstrakUntuk memudahkan pelaksanaan kaderisasi dan jenjang karir dari tiap karyawan maka dibuat sebuah sistem  yang bertujuan memudahkan proses, penyusunan dan pengenalan target (dalam hal ini karyawan) dalam memudahkan penyusunan jenjang karir dan kaderisasi dari organisasi perusahaan. Dimana sistem ini akan dijalankan pada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang relatif cukup besar sehingga diharapkan dapat menghasilkan solusi pilihan dari problem yang sedang dihadapi. Sistem yang dibuat akan lebih bersifat untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan dan bukan menggantikannya. Metode Profile Matching merupakan suatu proses yang sangat penting dalam manajemen SDM dimana terlebih dahulu ditentukan kompetensi (kemampuan) yang diperlukan oleh suatu jabatan. Kompetensi/kemampuan tersebut haruslah dapat dipenuhi oleh pemegang/calon pemegang jabatan. Dalam proses profile matching secara garis besar merupakan proses membandingkan antara kompetensi individu ke dalam kompetensi jabatan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih besar untuk karyawan menempati posisi tersebutKata kunci : Kenaikan Jabatan,  Profile Matching, Pendukung Keputusan, SPK
Analisis Problem Management pada IT Helpdesk dengan implementasi ITSM dan SLA (Studi Kasus : Citigroup Indonesia) Lena Magdalena
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.2

Abstract

AbstrakIndustri perbankan adalah salah satu industri yang memberikan manfaat substansial dan penuh persaingan. Saat ini bank diwajibkan untuk melayani semua transaksi ekonomi dan memiliki daya saing tinggi. Jadi bank-bank selalu membuat terobosan baru yang kreatif dan inovatif tentang produk atau kinerja untuk tetap kompetitif dalam posisi yang kompetitif.Selain itu, tidak dapat disangkal perkembangan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek kegiatan bisnis dan sumber daya informasi yang efektif dalam hal waktu dan biaya. Dalam hal ini penulis akan membahas pentingnya Helpdesk yang diperlukan untuk mempertahankan dan selalu mengawasi teknologi dalam bisnis. Selain mengetahui dan terus mengikuti perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras, dan bagaimana pengguna dapat mengetahui bagaimana menggunakan teknologi ini. Selain itu, helpdesk dapat dilihat kinerja insinyur dalam menangani masalah yang ada dengan dibatasi   oleh waktu dan SLA ( Service Level Agreement) . Kata kunci: SLA, Manajemen Masalah, Bank, Helpdesk.
Karakterisasi Pelanggan PLN Menggunakan Algoritma Fuzzy C Mean Dalam Upaya Pengembangan CRM Husmul Beze
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.7

Abstract

AbstrakCRM (Customer Relationship Management) dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pelanggan di PLN dalam menggunakan listrik. Dalam penelitian ini, pelanggan tersegmentasi adalah rumah, bisnis dan industri pelanggan. Variabel segmentasi yang digunakan sebagai atribut adalah durasi berlangganan, total pembayaran, disiplin dalam membayar dan penggunaan listrik total. Sistem dikembangkan dalam penelitian ini memberikan banyak pilihan kombinasi variabel yang akan tersegmentasi. Tujuannya adalah untuk memberikan banyak pilihan bagi PLN di segmentasi pelanggan.Metode untuk segmentasi pelanggan adalah fuzzy c-mean. Untuk mengukur segmentasi yang akurat, hasil clustering divalidasi dengan metode indeks Xie dan Beni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis dan pelanggan rumah yang lebih akurat jika dikelompokkan ke dalam 3 kelompok, sedangkan pelanggan industri dalam beberapa kombinasi variabel yang lebih akurat jika dikelompokkan ke dalam 3 kelompok dan kombinasi beberapa variabel yang lebih akurat jika dikelompokkan menjadi 4 kelompok. Hasil segmentasi karakter pelanggan dapat digunakan sebagai data pendukung dalam pengambilan keputusan bisnis PLN. Kata Kunci: Fuzzy C Mean, CRM, clustering, segmentasi pelanggan
Pemodelan Arsitektur Enterprise STMIK CIC Cirebon Menggunakan Enterprise Architecture Planning (EAP) Ridho Taufiq Subagio
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.3

Abstract

AbstrakSTMIK CIC Cirebon adalah sebuah institusi pendidikan tinggi yang telah menggunakan SI/TI dalam menjalankan proses bisnisnya. Perkembangan dalam penerapan SI/TI yang terjadi tanpa melalui perencanaan secara menyeluruh tehadap kebutuhan organisasi sehingga terdapat pulau-pulau sistem yang independen, hal ini menyebabkan kurang bermanfaatnya penerapan SI/TI. Metodologi yang digunakan untuk membuat model arsitektur enterpriseyaitu Enterprise Architecture Planning (EAP). Model arsitektur enterprise dibatasi pada area fungsi bisnis utama, yaitu bidang akademik yang menghasilkan aktivitas utama serta aktivitas pendukungnya. Area fungsi bisnis ini diidentifikasi berdasarkan rantai nilai Porter. Model bisnis yang dihasilkan akan menjadi dasar dalam mendefinisikan arsitektur data, aplikasi, dan teknologi serta pembuatan rencana implementasinya. Hasil dari pemodelan bisnis ini diperoleh fungsi bisnis detil yang terdefinisi sebanyak 72, 60 kandidat entitas data, dan 36 kandidat aplikasi yang dikelompokkan kedalam 6 kelompok aplikasi. Rencana implementasi berdasarkan urutan penerapan aplikasi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sumber daya, waktu, biaya, manfaat, serta faktor sukses implementasi. Kata Kunci    :  Arsitektur Enterprise, Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Teknologi
Rancang Aplikasi Media E-Learning Artificial Informatics Berbasis Web Maimunah Maimunah; Randy Andrian
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.8

Abstract

AbstrakInternet merupakan salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat, kehadiran internet memberikan kemudahan dalam menerima dan mengakses informasi dalam berbagai format dari seluruh penjuru dunia. Salah satu elemen di dalam internet adalah situs web, saat ini situs web tidak hanya dapat dijadikan sebagai media informasi tetapi berbagai sistem pembelajaran pun dapat dilakukan di internet, seperti halnya pembelajaran Artificial Informatics. Artificial Informatics dimaksudkan sebagai alat ukur atau evaluasi atas kemampuan seseorang dalam memahami ilmu IT, Artificial Informatics sendiri merupakan cabang dari Artificial Intelligence. Saat ini tersedia berbagai media yang dapat digunakan dalam mempelajari Artificial Informatics tetapi penjelasan atau bahasa pengantarnya masih menggunakan bahasa Inggris sehingga menjadi lebih sulit untuk dipelajari, terutama bagi orang yang masih awan dengan bahasa Inggris. Pemanfaatan kemajuan teknologi internet dalam mengembangkan media pembelajaran Artificial Informatics  berbasis web dapat memberikan altenatif  lain dalam mempelajari Artificial Informatics. Dalam jurnal ini, Penulis membangun suatu situs web yang menyajikan informasi serta materi-materi pembelajaran yang berhubungan dengan Artificial Informatics.   Kata Kunci: Artificial Informatics, Artificial Intelligence, Internet.
Pemisahan Objek-Objek Berbasis Region pada Citra Digital dengan Metode Normalized Cuts Marsani Asfi
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.4

Abstract

AbstrakCitra atau gambar terdiri dari karakteristik visual seperti warna, bentuk dan tekstur. Salah satu cara untuk mendapatkan karakteristik citra visual adalah melalui segmentasi. Secara umum, segmentasi adalah langkah pertama dalam analisis citra. Segmentasi dilakukan untuk membagi gambar aau citra menjadi bagian-bagian yang memiliki karakteristik serupa. Metode Normalized Cuts yang digunakan dalam penelitian ini menerapkan teori graf untuk membagi gambar atau citra ke ukuran yang terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra tersegmentasi merupakan perwakilan dari objek yang dimiliki oleh gambar atau citra. Hasil pemisahan daerah-daerah lebih lanjut dari gambar atau citra dapat digunakan menjadi referensi untuk penelitian lebih lanjut pada tahap-tahap ekstraksi fitur citra, pelalabelan gambar atau citra dalam sistem temu kembali citra. Kata Kunci: Citra, Segmentasi, Normlisasi Cuts, wilayah, objek, temu kembali citra.
Sistem Penilaian Matakuliah Berbasis Web pada Perguruan Tinggi Sri Rahayu; Augury El Rayeb
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.9

Abstract

AbstrakSeiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, kemudahan sebuah layanan sistem informasi salah satunya terletak pada kemudahan penggunaannya. Salah satu tolak ukur dalam hal peningkatan mutu serta kualitas pada Perguruan Tinggi yaitu peningkatan kualitas pelayanan informasi yang dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa. Perguruan Tinggi dituntut untuk selalu berinovasi dalam menghadapi era persaingan yang semakin pesat saat ini, terutama dalam bidang Sistem Informasi. Data yang diperoleh dari stakeholder di analisa dan digambarkan dengan menggunakan metoda Flowchart system. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan pemrograman berbasis web dinamis dengan menggunakan database yang secara khusus mengolah nilai seluruh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Dari penilaian tersebut nantinya akan menghasilkan daftar nilai  setiap semester dan Transkrip nilai pada akhir semester. Kata kunci : Sistem Informasi, Transkrip, Penilaian, web.
Implementasi Pohon Merentang Minimum Dalam Menentukan Prioritas Pemeliharaan Jalur Jalan Kota Dengan Biaya Minimal Imran Djafar; Abdul Ibrahim
Jurnal Digit Vol 1, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51920/jd.v1i2.5

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan bagaimana mengimplemtasikan algoritma pohon merentang minimum (Minimum Spanning Tree disingkat  MST)   dalam hal ini algoritma prim, kruskal dan brute force kedalam sebuah program aplikasi dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Program ini berfungsi untuk menentukan solusi terbaik dengan biaya minimal dalam  pencarian jalur prioritas dalam pemeliharaan jalan-jalan utama kota. Peta jalan utama kota diabstraksikan kedalam graf bentuk matriks ketetanggaan, yang menggunakan teknik pembobotan jalan secara multi criteria weight. Selain itu yang ingin diukur adalah kompleksitas waktu algoritma MST, apakah sudah sesuai dengan dasar teori laju pertumbuhan notasi big O  atau tidak?. Penelitian ini kami lakukan di kota Makassar, dengan melakukan 2 tahapan; pengujian program algoritma MST yaitu validasi dan pengujian program,  validasi program adalah uji coba beberapa matriks graf terhubung lengkap Kemudian pengujian program  MST masalah perbaikan jalan dengan memasukkan graf matriks data biaya pemeliharan jalan dengan keluaran  berupa pohon merentang minimum matriks data pemeliharaan jalan kota, dan daftar nama jalan-jalan kota MST.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian program sudah sesuai dengan algoritma MST, selain itu terlihat bahwa algoritma prim, lebih efisien dibanding kruskal, sedangkan brute force tidak efisien dibandingkan dengan prim dan kruskal. Kata kunci: Graf, full connected graf, minimum spanning tree, matriks ketetanggaan, algoritma prim, kruskal, dan brute force.

Page 1 of 1 | Total Record : 10